ANALISIS PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V di SD NEGERI PANGGUNG 5 KOTA TEGAL

Authors

  • Salfaniar Hyda Afkawati Universitas Negeri Semarang Author
  • Yuli Witanto Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Siswa SD, game online, prestasi belajar

Abstract

Analisis penggunaan game online diharapkan agar siswa tidak kecanduan bermain game online dan lebih rajin belajar agar mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan game online terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri Panggung 5 Kota Tegal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan pendeskripsian tentang rangkaian pengaruh game online, untuk mengetahui seberapa lama siswa bermain game online dan upaya dalam mengatasi pengaruh penggunaan  game online. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game online berpengaruh bagi siswa yang apabila di lanjutkan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa semakin berkurang, dengan faktor pendukung lingkungan sekitarnya yang kurang baik.

Downloads

Article ID

14811

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles