IMPLEMENTASI DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS IV SD NEGERI RANDUGUNTING 6 KOTA TEGAL

Authors

  • Widy Nurlaeli Universitas Negeri Semarang Author
  • Kurotul Aeni Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

berkebhinekaan global, profil pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dimensi berkebhinekaan global profil Pelajar Pancasila di kelas IV SD Negeri Randugunting 6 Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Uji kredibilitas dilakukan dengan triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi berkebhinekaan global profil pelajar Pancasila diimplementasikan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler dengan strategi pembelajaran berkarakter seperti: 1) pembiasaan, 2) keteladanan, 3) pembinaan disiplin, dan 4) pembelajaran berpusat pada peserta didik. Terdapat faktor pendukung meliputi: 1) sekolah penggerak; 2) bimbingan dan pelatihan bagi guru dan kepala sekolah; 3) kerjasama dan kolaborasi guru; 4) peran serta orang tua peserta didik; 5) sarana dan prasarana yang memadai; 6) kreativitas guru; serta 7) program pembiasaan. Faktor penghambat meliputi: 1) keterbatasan anggaran dana sekolah; 2) keterbatasan sarana terkait luas sekolah; 3) kurangnya rasa percaya diri peserta didik.

Downloads

Article ID

14812

Published

2024-10-11

Issue

Section

Articles