KOMPLEKSITAS PENDIDIKAN MUSIK DI SD
Keywords:
minimnya kompetensi guru, keterbatasan sarana dan prasarana, paradigma pendidikan musik dalam kurikulum nasional, implementasi kurikulum merdeka dan teknologiAbstract
Kompleksitas pendidikan musik di sekolah dasar (SD) tidak hanya terletak pada penguasaan materi teknis musik, tetapi juga pada peran multifungsinya dalam pengembangan karakter siswa serta tantangan praktis di lapangan, terutama terkait kompetensi guru dan ketersediaan sarana. Mengapa di SD perlu ada pelajaran musik? bahwa musik sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya mata pelajaran musik yang dikenal dengan pendidikan musik di SD memiliki tujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan sensitivitas agar terbentuk sikap apresiatif, kritis dan kreatif, pada diri peserta didik melalui sorang guru sebagai pembelajar (Hadjar: xiv). Pendidikan musik di Indonesia menghadapi serangkaian masalah yang kompleks, yang bersumber dari Problematika kompetensi guru, keterbatasan sarana -prasarana, hingga posisi paradigma pendidikan musik dalam kurikulum nasional, serta Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Teknologi. Secara garis besar permasalahan ini berujung pada kualitas pembelajaran yang belum optimal dan kurangnya pengalaman belajar holistik bagi peserta didik.