Apresiasi Dan Reward  Guru Terhadap Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Sungai Andai 3

Authors

  • Irena Sovarinda Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Arta Mulya Budi Harsono Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Tika Puspita Widyarini Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Zain Ahmad Fauzi Universitas Lambung Mangkurat Author

Keywords:

Apresiasi, motivasi, sekolah dasar

Abstract

Apresiasi merupakan salah metode dalam menghadapi siswa, Apresiasi yang diberikan dari guru guna meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Biasanya dapat berupa pujian, hadiah, serta penghargaan. Apresiasi yang diberikan ini diduga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Karna siswa yang merasa dirinya dihargai akan cenderung lebih bersemangat dan terlibat dalam proses pembelajaran. Pemberian reward yang tepat dan adil dapat meningkatkan rasa bangga dan semangat belajar siswa, sehingga berdampak positif pada produktivitas perkembangan siswa. Namun, tantangan yang dihadapi dalam penggunaan reward adalah memastikan bahwa penghargaan yang diberikan adil, transparan, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengetahui lebih dalam bagaimana apresiasi guru terhadap pembentukan motivasi belajar pada siswa sekolah dasar Di SDN Sungai Andai 3. Metode kualitatif yang digunakan merupakan studi kasus, dengan tujuan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai penggunaan apresiasi di sekolah. Di SDN Sungai Andai 3 guru turut serta dalam melakukan apresiasi yang dilakukan oleh para guru dengan memberikan reward, pujian, serta dukungan untuk anak. Anak berani memberikan kesan bahwasannya mereka pantas untuk mendapatkan apresiasi atas hal telah mereka lakukan untuk mengutarakan pendapatnya.

Downloads

Published

2024-12-28

Article ID

17989