Kolaborasi Guru Kelas Dan Guru Pendamping Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Inklusif

Authors

  • Andriani Ningsih Lambung Mangkurat Author
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Arta Mulya Budi Harsono Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Muhsinnah Annisa Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Novitawati Universitas Lambung Mangkurat Author

Keywords:

Pendidikan, Inklusif, Guru Pendamping Khusus, Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antara wali kelas dan Guru Pendamping Khusus (GPK)  dikelas IV SDN Sungai Andai 3 dalam pendidikan inklusif, serta peran dukungan dari orangtua dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa secara menyeluruh di sekolah inklusif. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis tematik, pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap wali kelas, GPK, kepala sekolah dan orangtua siswa. Hasil menunjukkan kolaborasi yang baik antara wali kelas dan GPK dalam mendukung perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran inklusif yang didukung oleh fasilitas dan kebijakan sekolah. Tantangan muncul dari keterbatasan sumber daya dan pemahaman orangtua. Faktor komunikasi yang kurang efektif antara pihak sekolah dan orangtua turut menjadi hambatan. Sehingga solusi yang diusulkan mencakup pelatihan berkala untuk para pengajar, peningkatan fasilitas pembelajaran, dan sosialisasi yang lebih intensif dengan orangtua agar dapat lebih memahami pentingnya pendidikan inklusif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran inklusif dikelas IV SDN Sungai Andai 3.

Downloads

Published

2024-12-28

Article ID

18071