POLICY DYNAMICS AND THE ROLE OF TEACHERS IN IMPLEMENTING THE INDEPENDENT CURRICULUM AT SDN KARANGANYAR TURI

Authors

  • Irfan Hilmy Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author
  • Boby Bagas Purnama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author
  • Amy Fitrani Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author
  • Syifaaussakinnah Universitas Islam Sultan Sharif Author
  • Sabarudin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author

Keywords:

Policy Dynamics, Independent Curriculum, Teacher's Role

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dinamika kebijakan dan peran guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN Karanganyar Turi. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah kebijakan kurikulum merdeka identik dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengekplorasi pengetahuan yang bersumber dari manapun. Peran guru di SDN Karanganyar Turi dalam penerapan kurikulum merdeka sangat penting, antara lain guru sebagai fasilitator pembelajaran, guru sebagai pendidik, guru sebagai penasihat, guru sebagai motivator, dan lain sebagainya. Pada parktiknya, tentu terjadi banyak tantangan yang dihadapi antara lain: guru yang kurang memahami IT, muatan materi kurikulum merdeka teralu rumit, kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran, kurangnya bahan ajar dan media pembelajaran.

Downloads

Article ID

19875

Published

2025-04-12