ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM KEARIFAN LOKAL SUKU BADUY
DOI:
https://doi.org/10.15294/jlj.v14i2.21504Keywords:
Pendidikan Karakter, Pendidikan Informal, Anak, PikukuhAbstract
Meningkatnya perilaku negatif seperti perundungan, krisis identitas bahkan tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh anak-anak yang diperparah karena modernisasi yang mudah djangkau, membuat informasi dan hiburan yang tidak layak di akses anak-anak mudah diakses. Meskipun banyak anak yang sudah terpengaruh oleh modernisasi, masih ada daerah yang menolak modernisasi salah satunya Suku Baduy. Melihat karakter anak-anak di suku Baduy yang terbentuk dengan baik menjadi tujuan penulisan untuk memberikan gambaran penerapan pendidikan karakter anak sehingga dapat mengetahui pendidikan karakter yang baik dan bisa mengurangi kekhawatiran akibat dampak dari modernisasi. Melalui Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada 4 anak dan 2 pasangan orang tua, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pendidikan karakter anak melalui keluarga di suku Baduy berpatokan kepada pikukuh dari nenek moyang dan kepercayaan sundawiwitan melalui pedidikan informal dari orang tua melalui lisan dan melibatkan anak untuk ikut serta dalam kegiatan sehari-hari, sehingga membentuk nilai-nilai karakter anak Baduy yang idealisme dimana anak-anak sangat mencintai budaya dan patuh terhadap hal-hal yang harus dilakukan serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi.