HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN GUGUS R.A KARTINI KABUPATEN BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.15294/jlj.v14i2.22542Keywords:
Learning outcomes, Metacognitivie awareness, Self-efficacyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar IPAS peserta didik, (2) untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar IPAS peserta didik, (3) dan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dan efikasi diri dengan hasil belajar IPAS kelas IV SDN Gugus R.A Kartini Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 77 peserta didik. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji liniearitas, uji multikoliniearitas, uji korelasi sederhana dan ganda, uji F, serta uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 12 peserta didik
memiliki kesadaran metakognitif dalam kategori kurang, 54 peserta didik dalam kategori cukup, dan 11 peserta didik dalam kategori baik. Selain itu pada analisis data efikasi diri terdapat 2 peserta didik memiliki efikasi diri dalam kategori cukup, 34 peserta didik dalam kategori baik, dan 41 peserta didik dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar IPAS dengan kontribusi sebesar 5,9%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar IPAS dengan kontribusi sebesar 6,9%, dan (3) terdapat hubungan yang positif secara bersama-sama antara kesadaran metakognitif dan efikasi diri dengan hasil belajar IPAS dengan kontribusi sebesar 12,2%.
The aims of this research are: (1) to determine the relationship between metacognitive awareness and learning outcomes IPAS students, (2) to find out the relationship between self-efficacy and learning outcomes IPAS students, (3) and to determine the relationship between metacognitive awareness and self-efficacy with class IV science and science learning outcomes at SDN Gugus
R.A Kartini, Boyolali Regency. This research is quantitative research with a correlation type of research. The subjects of this research were class IV students with a total of 77 students. Data were collected and analyzed using descriptive analysis, normality test, linearity test, multicollinearity test, simple and multiple correlation tests, F test, and coefficient of determination test. The results of data analysis show that 12 students have metacognitive awareness in the poor category, 54 students in the sufficient category, and 11 students in the good category. Apart from that, in the analysis of self-efficacy data, there were 2 students who had self-efficacy in the sufficient category, 34 students in the good category, and 41 students in the very good category. The results of this study show that (1) there is a positive and significant relationship between metacognitive awareness and science and science learning outcomes with a contribution of 5.9%, (2) there is a positive and significant relationship between self-efficacy and science and science learning outcomes with a contribution of 6.9%, and (3) there is a joint positive relationship between metacognitive
awareness and self-efficacy and science and science learning outcomes with a contribution of 12.2%