PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Faradilla Iedliany Universitas Borneo Lestari Author
  • Rita Liyanti Ningsih SDN 1 Landasan Ulin Barat Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jlj.v14i2.22662

Keywords:

Pendidikan Karakter, Project Pengutan Profil Pelajar Pancasila, P5, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pendidikan karakter melalui penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 1 Landasan Ulin Barat, Banjarbaru. Pendekatan deskriftif kualitatif digunakan untuk menganalisis implementasi P5 melalui studi kasus di Sekolah Dasar. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa, dengan metode pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter melalui penerapan P5 di SDN 1 Landasan Ulin Barat telah berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa. Implementasi P5 telah memberikan manfaat khususnya dalam penanaman nilai-nilai kreativitas dan gotong royong. Kegiatan tersebut juga membuat siswa menjadi lebih bertanggung jawab dan memiliki akhlak yang baik. Mereka juga dapat mengembangkan potensi diri seperti kemampuan berpikir kritis, berinovasi, kreatif, kerjasama, toleransi, komunikasi, serta mereka dapat mengenal cara berwirausaha. Adapun tantangan yang dihadapi selama kegiatan P5 adalah jumlah siswa yang cukup banyak membuat guru cukup kesulitan untuk mengkoordinir selama kegiatan lapangan berlangsung dan masih terdapat siswa yang kurang percaya diri dengan hasil karyanya. Hal ini tentunya menjadi tantangan dan tugas bagi guru-guru untuk tetap memberikan semangat dan memberikan motivasi, arahan untuk siswanya agar kedepannya kegiatan P5 dapat berjalan dengan lebih baik dan siswa bisa lebih percaya diri lagi. Selain itu pendidikan karakter di SDN 1 Landasan Ulin Barat tidak hanya melalui kegiatan P5 saja tetapi juga terintegrasi melalui program kegiatan harian yang telah di rencanakan oleh pihak sekolah.

Downloads

Published

2025-06-28

Article ID

22662