PEMANFAATAN MEDIA TREASURE MAP MATERI TITIK KOORDINAT PADA HASIL BELAJAR KELAS VI DI SD 3 BARONGAN
DOI:
https://doi.org/10.15294/jlj.v14i2.24375Keywords:
Learning Outcomes, Media Treasure Map, Coordinate PointsAbstract
Pembelajaran matematika yang kurang diminati oleh siswa mempengaruhi hasil belajar bahkan kemampuan sosial antar temannya. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji pemanfaatan media Treasure Map pada materi titik koordinat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD 3 Barongan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah Team Games Tournament (TGT), sebuah model pembelajaran yang melibatkan kompetisi antar kelompok untuk mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian meliputi 21 siswa kelas VI di SD 3 Barongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Treasure Map secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pre-test 64% menjadi 85% pada siklus I dan 98% pada siklus II. Selain itu, aktivitas belajar siswa mengalami perubahan positif, ditandai dengan meningkatnya partisipasi aktif, kerja sama kelompok, dan kemampuan berpikir kritis dari kategori cukup menjadi sangat baik. Metode TGT juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru, terutama dalam mengelola kelas, memfasilitasi diskusi kelompok dan memotivasi siswa melalui permainan edukatif Treasure Map. Dengan demikian, kombinasi media Treasure Map dan metode TGT memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran di kelas VI SD 3 Barongan.