KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 6
DOI:
https://doi.org/10.15294/jlj.v14i2.24399Keywords:
Problem-Based Learning, Writing Skills, Explanatory Text, Learning Outcomes, Active LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas 6 SDN 1 Tanggulangin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas 6A yang menerapkan model PBL dan kelas 6B yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada kelas 6A, persentase ketuntasan meningkat dari 72,7% menjadi 95,5%, sedangkan kelas 6B yang tidak menerapkan model PBL hanya mengalami kenaikan dari 76,2% menjadi 81%. Selain itu, terjadi peningkatan pada nilai rata-rata, nilai minimal, dan nilai maksimal pada kelas yang menggunakan model PBL. Kendala yang ditemukan dalam penerapan PBL meliputi kesulitan dalam apersepsi, kurangnya pemahaman peran dalam kelompok, ketimpangan kerja sama, dan rendahnya kepercayaan diri dalam presentasi. Solusi yang diberikan adalah dengan memberikan stimulus yang menarik, membimbing kerja sama kelompok, serta memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif. Dengan demikian, model Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam keterampilan menulis teks eksplanasi.
This study aims to analyze the effectiveness of the Problem-Based Learning (PBL) model in improving students' learning outcomes in writing explanatory texts among sixth-grade students at SDN 1 Tanggulangin. The research method employed was classroom action research (CAR) with both quantitative and qualitative approaches. The research subjects consisted of two classes: Class 6A, which implemented the PBL model, and Class 6B, which utilized conventional teaching methods. Data collection techniques included observation, interviews, tests, and documentation. The findings indicate that the implementation of the PBL model significantly improved students' learning outcomes. In Class 6A, the percentage of students achieving mastery increased from 72.7% to 95.5%, whereas in Class 6B, which did not implement the PBL model, the increase was only from 76.2% to 81%. Additionally, there was an improvement in the average score, minimum score, and maximum score in the class that applied the PBL model. Challenges encountered in implementing PBL included difficulties in introductory activities, a lack of understanding of group roles, disparities in teamwork, and low self-confidence in presentations. The proposed solutions involved providing engaging stimuli, guiding group collaboration, and offering recognition to active students. Thus, the Problem-Based Learning model has been proven effective in enhancing students' learning outcomes, particularly in developing explanatory text writing skills.