PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BATURSARI 01
DOI:
https://doi.org/10.15294/jlj.v14i3.25084Keywords:
Learning Outcomes, Social Sciences, Powtoon VideosAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Video Animasi Berbasis Powtoon, menguji kelayakan serta keefektifan Video Animasi Berbasis Powtoon terhadap materi keragaman di Indonesia siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Batursari 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu research and development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Borg & Gall. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data meng-gunakan analisis data awal dengan Uji normalitas dan analisis data akhir dengan Uji t berpasangan dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melalui tahap validasi produk oleh ahli materi diperoleh skor 93,8% dan oleh ahli media diperoleh skor 87,5% dengan kategori sangat layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai tes awal dan tes akhir menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai t_hitung = 14,11 dan t_tabel = 2,059, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa Video Animasi Berbasis Powtoon efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami materi keragaman di Indonesia pada mata pelajaran IPS. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan Video Animasi Berbasis Powtoon sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi keragaman di Indonesia.
This research aims to develop Powtoon-Based Animation Videos, testing the feasibility and effectiveness of Powtoon-Based Animation Videos on diversity material in Indonesia for fifth grade students at Batursari 01State Elementary School. This research uses a quantitative approach with the type of research, namely research and development (R&D). The development research procedures carried out refer to the development model according to Borg & Gall. The sampling technique uses purposive sampling technique. The data analysis technique uses initial data analysis with the normality test and final data analysis with the paired t test and N-gain test. The research results showed that after going through the product validation stage by material experts a score of 93,8% was obtained and by media experts a score of 87,5% was obtained in the very feasible category. The effectiveness of the media was tested by calculating the results of the initial and final tests using paired t-tests, obtained t_count = 14.11 and t_table = 2.059, so H0 was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that Powtoon-based animation videos are effective and suitable for use in learning and are able to improve students' ability to understand diversity material in Indonesia in social studies subjects.