PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI MRANAK 1 DEMAK

Authors

  • Tashfiya Ashri Bintari Semarang State University Author
  • Arif Widagdo Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jlj.v14i3.25403

Keywords:

Learning media developments, animated video media, reading ability

Abstract

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran membaca mengakibatkan hasil belajar siswa kelas I SD rendah. Studi ini berfokus pada, mengembangankan, menguji kelayakan, dan keefektifan media video animasi untuk meningkatkan membaca permulaan pada siswa kelas I SD. Studi ini menerapkan pengembangan dengan menggunakan  model Borg & Gall yang mencakup 10 tahap yaitu : (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk final (10) produk massal. Subjek yang terlibat dalan penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN Mranak 1 yang berjumlah 22 anak, 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data produk, analisis data awal. Analisis data akhir. Hasil review ahli materi pembelajaran sebesar 96,8% (sangat layak), ahli media pembelajaran sebesar 98,7% (sangat layak). Hasil uji skala besar mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Angket tanggapan guru dan siswa mendapatkan kriteria sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 83 dan nilai pretest sebesar 66 dengan prolehan N-gain sebesar 0,49  dalam kriteria sedang. Terdapat hal yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan video animasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa video animasi pembelajaran pada memebaca permulaaan layak untuk dikembangkan dan digunakan oleh siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas I SD.

The use of inappropriate learning media in the reading learning process results in low learning outcomes for grade I elementary school students. This study focuses on, developing, testing the feasibility, and effectiveness of animated video media to improve early reading in grade I elementary school students. This study implements development using the Borg & Gall model which includes 10 stages, namely: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) design revision; (6) product trials; (7) product revision; (8) trial use (9) final product revision (10) mass product. The subjects involved in this study are 22 students in grade I of SDN Mranak I, 1 learning material expert, 1 learning media expert. The data collection methods used are observation, interview, questionnaire, test, and documentation methods. The data analysis techniques used are product data analysis techniques, initial data analysis. Final data analysis. The results of the review of learning material experts were 96.8% (very feasible), learning media experts were 98.7% (very feasible). The results of large-scale tests have increased with moderate criteria. The questionnaire of teacher and student responses received very good criteria. This is evidenced by the average posttest score of 83 and the pretest score of 66 with an N-gain of 0.49 in the medium criteria. There are significant student learning outcomes before and after using animated videos. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the learning animation video on reading the beginning is suitable to be developed and used by elementary school students, especially grade I elementary school students.

Downloads

Published

2025-09-28

Article ID

25403