BELAJAR SAMBIL BERMAIN: PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aisyiah Hanum Latifah Aisyiah Universitas PGRI Yogyakarta Author
  • Hadna Suryantari Hadna Universitas PGRI Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jlj.v14i2.26990

Keywords:

Multimedia Interaktif, Wordwall, Matematika Dasar, Interactive Multimedia, Wordwall, Basic Mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, keefektifan media pembelajaran, dan Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan pengaruh penggunaan multimedia interaktif Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain true experimental design, menggunakan model two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di salah satu sekolah dasar pada tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel sebanyak 28 siswa, terdiri dari kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling melalui sistem undian.

Analisis data mencakup uji validitas menggunakan CVR dan CVI, analisis statistik deskriptif, uji-t, dan perhitungan N-Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Wordwall memiliki nilai CVR dan CVI sebesar 0,96 dengan tingkat persetujuan ahli 98%, yang termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, media ini juga dinilai sangat efektif, dengan hasil uji efektivitas mencapai 84,64%, berdasarkan angket yang diisi oleh siswa. Hasil uji-t post-test menunjukkan t hitung > t tabel (3,177 > 1,670), yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,45 (kategori sedang), sementara pada kelas kontrol sebesar 0,27 (kategori rendah). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif Wordwall sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan melalui pendekatan belajar sambil bermain.

Downloads

Published

2025-06-28

Article ID

26990