MODEL FANTASTIC READ POEIN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, BERPIKIR KRITIS, DAN MEMAHAMI BACAAN DI SDN KUIN UTARA 5
DOI:
https://doi.org/10.15294/jlj.v14i3.27614Keywords:
Bahasa Indonesia, Predict-Observ-Explain, Inquiry MethodeAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Model Fantastic Read Poein yang meliputi Reading Aloud (Read), Predict–Observe–Explain (POE), dan Inquiry (IN) untuk meningkatkan kualitas aktivitas, keterampilan berpikir kritis, memahami bacaan, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kuin Utara 5. Latar belakang penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, baik saat menyampaikan pendapat maupun memprediksi secara individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dalam empat pertemuan pada bulan Januari dan Februari 2025. Subjek penelitian adalah 18 siswa. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta catatan perkembangan keterampilan berpikir kritis dan memahami bacaan, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran semakin terstruktur dan efektif pada setiap pertemuan. Peningkatan aktivitas, ditandai oleh keaktifan diskusi, keberanian berekspresi, dan kerja sama yang lebih baik. Keterampilan berpikir kritis berkembang bertahap dalam aspek Mengidentifikasi masalah, Mengumpulkan informasi, Menyusun alternatif pemecahan dan Membuat kesimpulan. Demikian pula, keterampilan memahami bacaan meningkat signifikan, terlihat dari kemampuan siswa Mengidentifikasi Masalah, Mengumpulkan Informasi, Menyimpulkan dan Mengevaluasi Isi Bacaan. Ketuntasan klasikal hasil belajar juga naik drastis, yaitu dari 28% pada siklus pertama menjadi 94% pada siklus keempat. Temuan ini mengonfirmasi efektivitas Model Fantastic Read Poein dalam meningkatkan aktivitas, keterampilan, hasil belajar siswa.