PENGEMBANGAN DIGITAL ARTSTEPS VIRTUAL EXHIBITION BERBASIS SETS APPROACH SEBAGAI MEDIA EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Authors

  • Dewi Nilam Tyas Universitas Negeri Semarang Author
  • Desi Wulandari Universitas Negeri Semarang Author
  • Aldina Eka Andriani Universitas Negeri Semarang Author
  • Sri Sulistyorini Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jlj.v14i1.27949

Keywords:

ESD, SETS approach,ekoliterasi

Abstract

Kurangnya kemampuan ekoliterasi peserta didik merupakan permasalahan penting untuk segera diselesaikan. Penerapan pembelajaran berbasis ESD (Education for Sustainable Development) di mana pembelajaran langsung dengan lingkungan dan berkelanjutan dapat dijadikan sebagai alternative solusi mewujudkan masa depan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, melakukan uji kelayakan dan efektivitas penggunaan digital artsteps virtual exhibition berbasis SETS approach sebagai media Education for Sustainable Development (ESD). Penelitian R&D ini mengadaptasi 10 langkah berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Data kuantitatif dan kualitataif yang diperoleh dihimpun dengan teknik non tes dan tes menggunakan instrumen angket, observasi, wawancara dan soal pretest-post test yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi yang menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 92,5% dan 93 %. Hasil dari paired sample t-test uji menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang bermakna bahwa produk yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan ekoliterasi peserta didik. Hal ini didukung oleh uji N-Gain yang menunjukkan nilai 0,76 (kategori tinggi). Hasil angket respon guru dan peserta didik juga mendapatkan respon yang bagus. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa digital artsteps virtual exhibition berbasis SETS approach sebagai media Education for Sustainable Development (ESD)  yang dikembangkan sangat layak serta efektif meningkatkan kemampuan ekoliterasi peserta didik kelas IV SD Negeri Purwoyoso 03, Kota Semarang.

Downloads

Published

2025-06-23

Article ID

27949