ANALISIS LEVEL BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MAHASISWA MENURUT BLOOM MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Astuti - Universitas Musamus Author
  • Rival Hanip Universitas Musamus Author
  • Bernadetha Rizki Kaize Universitas Musamus Author https://orcid.org/0000-0003-4816-1287
  • Bhujangga Ayu Putu Priyudahari Universitas Musamus Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/jlj.v14i3.34506

Keywords:

bloom, critical thinking, mathematics, social arithmatic

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu dari empat kemampuan berpikir yang diharapkan dikuasai mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja. Penelitian bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan menganalisis level berpikir kritis matematis materi aritmatika berdasarkan level Bloom. Metode yang dipakai peneliti yakni metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan secara purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan jika 60% mahasiswa mampu menghasilkan jawaban tepat untuk soal berpikir kritis matematis, 1 mahasiswa tidak memenuhi level berpikir kritis, 3 mahasiswa berada pada level 0, 1 mahasiswa pada level 1,  4 mahasiswa di level 2, serta 11 mahasiswa di level 6.

Downloads

Published

2025-09-28

Article ID

34506