PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS IV B SDN MLATIHARJO 01 SEMARANG

Authors

  • Innayatu UNNES Author
  • Novi Setyasto S.Pd., M.Pd. Author
  • Titik Maryati Author
  • Purwanti Utari Author

Keywords:

Problem Based Learning, Media Realia, Hasil belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi Bangun Datar pada kelas IV SDN Mlatiharjo 01 siswa kurang memahami rumus menghitung Luas dan Keliling. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar  menggunakan  model Problem Based Learning melalui media Realia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart dalam Arikunto menggunakan 4 langkah yaitu: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan Tindakan (Action), (3) Observasi (Observation), dan (4) Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mlatiharjo 01 kota Semarang yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data kuantitatif dengan menghitung rata-rata nilai dan presentasi ketuntasan. Hasil Penelitian ini adalah rata-rat nilai dan presentase yang di dapat dari siklus 1 dan siklus II. Peningkatan tersebut di dapat dari hasil perbaikan dari siklus I untuk di siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari rata-rata siklus I adalah 56 dengan presentasi ketuntasan 57% dan rata-rata nilai pada siklus II yaitu 73 dengan presentase ketuntasan sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning melalui media Realia dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada pesetrta didik kelas IV SDN Mlatiharjo 01 Semarang.

Downloads

Article ID

5798

Published

2024-07-17