PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TIKTOK (PAPAN WAKTU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU KELAS IIA SDN MLATIHARJO 01 KOTA SEMARANG

Authors

  • indahputrinurfebrianti universitas negeri semarang Author
  • Novi Setyasto S.Pd., M.Pd. UNNES Author
  • Titik Maryati UNNES Author
  • Purwanti Utari UNNES Author

Keywords:

Problem Based Learning, Time Board Media, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Learning berbantuan media Papan Waktu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IIA SDN Mlatiharjo 01 yang berjumlah 26 peserta didik. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 51% dan siklus II meningkat menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Tiktok (Papan Waktu) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IIA SDN Mlatiharjo 01 Kota Semarang

Downloads

Article ID

5819

Published

2024-03-28