Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Learning (TaRL) dengan Model PBL Pada Materi FPB dan KPK Kelas V Di SDN Pekunden
Keywords:
Learning Outcomes, TaRL Approach, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika KPK dan FPB yang berdampak pada prestasi belajarnya. Peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL dan pendekatan TaRL dalam pembelajaran Matematika KPK dan FPB di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sasak di SDN Pekunden Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Dari hasil skor evaluasi kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Peningkatan hasil belajar siswa diketahui dari evaluasi siklus I dan siklus III yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari penelitian ini mengacu pada indeks keberhasilan yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 6,10 dengan 21% (6 siswa) tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,39 dengan ketuntasan 47% (13 siswa). Selanjutnya, pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 79,28 dengan ketuntasan 82% (23 students). Dengan demikian, penelitian tindakan kelas dengan pendekatan TaRL dan Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.