PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS VB SDN BENDAN NGISOR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORLDWALL
Keywords:
Problem Based Learning, Worldwall, learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media worldwall di kelas VB SDN Bendan Ngisor pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VB SDN Bendan Ngisor dengan jumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 16 perempuan dan 9 laki-laki dengan objek penelitian yaitu hasil belajar mata pelajar IPAS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu nilai dari guru kelas dan pretes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di Kelas VB SDN Bendan Ngisor. Pada siklus I nilai rata-rata nilai peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 52,6 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 32%, sedangkan pada pertemuan 2 yaitu 68,4 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 44%, nilai rata-rata pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan ketuntasan hasil belajar yaitu minimal 75% sehingga perlu dilakukan tindakan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 74,6 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 64%, sedangkan pada siklus II pertemuan II yaitu 81 dengan presntase ketuntasan keberhasilan sebesar 80%, angka ini sudah memnuhi indikator keberhasilan dari penelitian ini yaitu lebih dari 75% peserta didik mencapai KKTP. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran problem based learning (PBL) terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas VB SDN Bendan Ngisor tahun ajaran 2023/2024