Strategi Konten Digital Marketing Untuk Memperkenalkan Desa Wisata
Keywords:
Pemasaran Digital, Desa Wisata, Strategi Pemasaran, Media SosialAbstract
Digital marketing salah satu strategi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai platform sosial media yang dengan mudah dapat digunakan untuk tempat mempromosikan dan memasarkan desa wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan pemasaran desa wisata Ngidam Muncar yang sudah ada menjadi lebih efektif dan mengikuti perkembangan tekhnologi secara digital/ digital marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan pelatihan terhadap kepala desa, kelompok sadar wisata, serta masyarakat Desa Wisata Ngidam Muncar. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan dan pengelolaan desa wisata oleh pokdarwis dan wawancara dilakukan dengan anggota pokdarwis dan kepala desa mengenai strategi promosi yang telah diterapkan, Pelatihan diberikan kepada pokdarwis dan masyarakat mencakup penyuluhan, demonstrasi, pengoperasian sistem, pembentukan kelompok wirausaha, serta penyediaan layanan bersertifikat guna memanfaatkan digital marketing. Hasil penelitian memberikan pelatihan konten kreator dan pengelolaan sosial media dilakukan dengan mengedukasi pokdarwis terkait pembuatan konten kreatif untuk promosi desa wisata ngidam muncar serta aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah pengeditannya. Penelitian ini menemukan adanya pelatihan dan kemajuan teknologi saat ini menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan pemasaran desa wisata Ngidam Muncar, Kabupaten Semarang. Kemajuan teknologi saat ini memudahkan pengajuan kerjasama wisata dapat dilakukan secara digital, tentunya hal itu membuat proses pengajuan menjadi efektif dan efisien.