Mekanisme Seleksi Calon Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga: Bakat dan Prestasi

Authors

  • Purwono Sidik Permono Universitas Negeri Semarang Author
  • Sri Haryono Author
  • Sungkowo Author
  • Suratman Author
  • Dzulhan Fathan Barkah Author
  • Bara Alvaro Recoba Author
  • Cindi Aprilia Author

Keywords:

Kelas khusus Olahraga, Seleksi, Bakat, Prestasi

Abstract

Pengembangan mekanisme penjaringan calon siswa kelas khusus olahraga (KKO) SMA N 1 Kroya merupakan 
kegiatan sosial terkait penerimaan siswa pada jalur kesuksesan, yang bertujuan untuk membantu calon siswa yang 
memiliki kemampuan non-akademik mencapai hasil olahraga untuk meraih. Artinya, proses seleksi KKO bersifat 
publik sehingga transparan dan dapat dipahami. Siswa KKO merupakan aset bagi daerah dan negara karena 
berupaya menghasilkan siswa yang mampu berprestasi di bidang olahraga. Metode pelaksanaan kegiatan 
pengabdian ini meliputi pengumpulan, pemetaan, dan pengorganisasian data. Tujuan dari bakti sosial ini adalah 
untuk memperoleh data tentang sistem seleksi di KKO SMA N 1 Kroya. Sementara kebutuhan mendesak akan 
layanan ini adalah untuk melihat dan memahami proses seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi berkas, seleksi uji 
kompetensi, pengumuman, dan pendaftaran ulang. Pengumpulan data menggunakan metode yang menggunakan 
data primer dan data sekunder. Pemetaan, hal pertama dan terpenting yang meliputi pemetaan program IOS Panitia 
Program Kerja, pengelolaan pendaftaran dan penyiapan sarana dan prasarana, lokasi kegiatan dan peralatan yang 
diperlukan. Proses seleksi KKO meliputi empat rangkaian tes yang harus diikuti calon peserta didik. Tes seleksi 
terdiri dari tes psikologi, tes anthropometri, tes fisik, dan tes keterampilan cabang olahraga. Kegiatan pengabdian 
masyarakat di bidang tes praktik (tes anthropometri, tes psikologi, tes kondisi fisik, tes keterampilan cabang 
olahraga) hasilnya baik dan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan. Saran unuk kegiatan selanjutnya monitoring 
atau tes berkala bagis siswa KKO. 

Downloads

Published

2025-07-30

Article ID

26504