Permainan Tradisional Rangku Alu Sebagai Media Untuk Meningkatkan Solidaritas dan Partisipasi Aktif Siswa
Keywords:
Permainan Tradisional, Rangku Alu, Solidaritas, KerjasamaAbstract
Permainan tradisional merupakan bentuk aktivitas fisik dan sosial yang telah ada sejak zaman dahulu dan diwariskan secara turun termurun. Permainan ini memiliki peran yang sangat berdampak bagi siswa terutama
dalam hal pendidikan karakter dan interaksi social siswa sejak dini. Salah satu permainan tradisional yang memiliki nilai edukatif tinggi adalah Rangku Alu, yaitu permainan asal Nusa Tenggara Timur yang dimainkan
secara berkelompok dengan koordinasi gerak dan kekompakan antar pemain. Permainan tradisional Rangku Alu memberikan ruang bagi siswa untuk terlibat aktif secara fisik dan sosial, yang berkontribusi dalam penguatan karakter dan profil pelajar Pancasila. Kegiatan sosialisasi permainan tradisional dalam rangka penguatan profil pelajar Pancasila menunjukan bahwa keterlibatan langsung siswa dalam praktik permainan mampu menumbuhkan nilai-nilai sosial yang penting, seperti solidaritas, kekompakan, kerjasama, dan kebersamaan. Deangan mengikutsertakan siswa dalam permainan secara berekelompok, tercipta ruang interaksi yang efekftif sehingga mendorong komunikasi dan kerja sama antarinidvidu. Permainan ini juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran Pendidikan jasmani yang tidak hanya mengasah kemampuan motorik siswa, tetapi juga mendukung pencapaian tujuan karakter. Rangku Alu tidak hanya berfungsi sebagai sarana rekreasi atau hiburan, namun juga dapat diperuntukkan sebagai sarana edukatif yang mendorong penguatan karakter dan nilai-nilai luhur dalam Masyarakat dan kebudayaan lokal. Sehingga perlu adanya pemberdayaan dan pelestarian permainan tradisional seperti permainan Rangku Alu ini guna menunjang solidaritas dan partisipasi aktif yang dimiliki siswa.