Pembentukan Karakter dan Optimalisasi Budaya Gerak Melalui Permainan Tradisional

Authors

  • Fajar Awang Irawan Universitas Negeri Semarang Author https://orcid.org/0000-0002-0508-267X
  • Dhias Fajar Widya Permana Universitas Negeri Semarang Author https://orcid.org/0009-0004-4779-7915
  • Aziz Amrulloh Universitas Negeri Semarang Author https://orcid.org/0009-0003-6210-6740
  • Primawati Suciani Universitas Negeri Semarang Author
  • Inayatun MI Lerep Author
  • Devina Lutfiani Universitas Negeri Semarang Author
  • Nonik Rahesti Universitas Negeri Semarang Author
  • Ulfatul Azizah Awaliyyah Universitas Negeri Semarang Author
  • Revi Meyrdiansyah Fatma Universitas Negeri Semarang Author
  • Safina Azzahra Universitas Negeri Semarang Author
  • Intan Septi Kartika Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Permainan tradisional, Budaya Aktif Gerak, Pendidikan, Keterampilan Sosial, Kesehatan Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran permainan tradisional dalam membangkitkan semangat budaya aktif gerak pada 150 siswa MI Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh aktivis, relawan, dan penggiat dari Universitas Negeri Semarang, artikel ini menganalisis dampak permainan tradisional terhadap kesadaran budaya, aktivitas fisik, dan kemampuan sosial anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan dan praktik permainan tradisional seperti Bakiak, bekel, ketapel, dan egrang bambu berhasil meningkatkan partisipasi siswa, memupuk nilai-nilai kolaborasi, dan melestarikan warisan budaya. Keterlibatan seluruh sampel membuktikan bahwa permainan tradisional masih sangat relevan dan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengurangi penggunaan gawai. Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi sekolah dan komunitas untuk mengintegrasikan permainan tradisional ke dalam kurikulum sebagai sarana pendidikan yang menyeluruh.

Downloads

Published

2025-12-02

Article ID

33774