Pengaruh Keterampilan Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity (4C) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Elemen Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Di Smk Negeri 2 Kendal

Authors

  • Angelia Nilam Soraya Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang Author
  • Sri Handayani Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang Author
  • Sucipto Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/scaffolding.v13i2.7774

Keywords:

Keterampilan Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity (4C), Hasil Belajar Siswa Elemen Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Keterampilan Critical Thinking, Communication, Collaboration, And Creativity (4C) dengan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Hasil Belajar Siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Keterampilan Critical Thinking, Communication, Collaboration, And Creativity (4C) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Elemen Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian survey/asosiatif dengan jenis pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan software SPSS 25.0. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 responden siswa kelas XI SMK N 2 Kendal. Metode pengumpulan data menggunakan 2 metode yaitu metode lembar tes siswa dan metode observasi keterampilan 4C. Pada penelitian ini memiliki sumbangan pengaruh sebesar 89% dan memiliki persamaan regresi linier sederhana yakni Y = 36.857 + 0.552X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Keterampilan critical thinking, communication, collaboration, and creativity (4C) siswa kelas XI pada elemen PKKWU dengan penerapan model pembelajaran project based learning menghasilkan nilai yang baik; (2) Hasil belajar siswa kelas XI pada elemen PKKWU dengan menerapkan model pembelajaran project based learning sudah menghasilkan nilai yang baik; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan critical thinking, communication, collaboration, and creativity (4C) terhadap hasil belajar siswa elemen PKKWU di SMK N 2 Kendal. Dimana jika siswa mendapatkan nilai yang baik pada keterampilan 4C maka hasil belajar pada elemen produk kreatif dan kewirausahaannya baik juga.

Downloads

Published

2025-01-04

Article ID

7774