Strategi Mempertahankan Pendapatan Pedagang Pakaian Pasar Johar Semarang Ditengah Perkembangan Online Shop
Abstract
Perkembangan online shop pada masa kini memang sangat pesat. Seperti yang terjadi pada Pasar Johar Semarang, para penjual mengatakan bahwa keadaan pasar saat ini sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, hampir semua toko di Pasar Johar sepi pembeli dan pengunjung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Landasan teori yang digunakan adalah Teori Strategi Adasptasi Bertahan oleh Bennet. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi bertahan apa saja yang dilakukan para pedagang pasar untuk tetap mempertahankan tokonya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para pedagang akhirnya mencari cara terbaru dan kreatif untuk kembali mengembalikan minat berbelanja para pelanggan. Beberapa pedagang akhirnya ikut beradaptasi dengan ikut berjualan di online shop. Ada pula yang memberikan bonus kepada pelanggan yang membeli dan juga memberikan diskon khusus. Para pedagang juga banyak yang akhirnya membuat dan menjahitkan sendiri produknya supaya bisa menekan biaya produksi dan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh toko di online shop.