Analisis Tekstual Bahan Ajar Pelajaran Bahasa Cerbon dalam Praktik Etnopedagogi di MAN 2 Cirebon

Authors

  • Fathimatuzzahro Author
  • Harto Wicaksono Author

Abstract

Indonesia menjadi negara peringkat kedua yang memiliki jumlah bahasa terbanyak setelah Papua Nugini. Namun, saat ini jumlah bahasa daerah di Indonesia semakin menurunan dikarenakan mengalami kepunahan. Salah satu bahasa daerah yang mengalami kemunduran ialah bahasa Cerbon. Jumlah penutur bahasa Cerbon yang berusia muda saat ini sudah sangat berkurang. Sehingga, perlu adanya upaya pelestaian bahasa Cerbon. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah salah satunya melalui dunia pendidikan dengan cara bahasa Cerbon dijadikan sebagai pelajaran muatan lokal. Dalam proses pembelajaran diperlukannya buku ajar yang digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat isi dan konten yang terdapat dalam buku siswa bahasa Cerbon di MAN 2 Cirebon.  Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis tekstual dari buku siswa bahasa Cerbon di MAN 2 Cirebon Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pelajaran bahasa Cerbon tersebut sudah sesuai dengan KI dan KD. Dalam materi pelajaran bahasa Cerbon terdapat implementasi etnopedagogi berupa pengetahuan lokal baik berupa lisan, tulisan, maupun artefak. Wujud pengimplementasian etnopedagogi dalam buku materi bahasa Cerbon dengan adanya teks informatif mengenai kebudayaan yang ada di Cirebon. Pada beberapa teks tersebut terdapat penanaman nilai-nilai yang di anut oleh masyarakat Cirebon seperti nilai religi dan kesoapanan. Dalam buku bahasa Cerbon untuk siswa terdapat tiga ranah penting kemampuan berfikir taksonomi bloom. Namun, dalam buku tersebut lebih menekankan pada ranah kognitif.

Downloads

Article ID

7903

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles