Fenomena Tik Tok Edukatif Sebagai Media Penugasan dalam Pengembangan Kreativitas Siswa dan Guru Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 15 Semarang

Authors

  • Rossafitri Maleha Berliani Author
  • Tri Marhaeni Pudji Astuti Author

Abstract

Aplikasi Tik Tok yang menjadi sebuah fenomena edukatif sebagai media penugasan Sosiologi di SMAN 15 semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi guru, siswa, dan orangtua siswa, mengetahui implementasi penugasan sosiologi yang diunggah di Tik Tok, mengetahui guru dalam menilai penugasan yang telah diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori inovasi oleh Rogers. Hasil penelitian yaitu respon beragam dari setiap informan mengenai penugasan, implementasi penugasan yang mudah dengan menggunakan model pembelajaran flipped learning, hasil penilaian guru juga terdapat perbedaan sehingga bisa melatih kreatifitas.

Downloads

Article ID

7913

Published

2024-04-15

Issue

Section

Articles