Peran Guru Pendidikan Pancasila Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Antikorupsi Pada Siswa di SMP Negeri 17 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.15294/ucej.v9i3.14989Keywords:
Peran Guru Pendidikan Pancasila, Respon Siswa, Sekolah, dan Nilai-Nilai AntikorupsiAbstract
Artikel ini memaparkan penelitian peran guru Pendidikan Pancasila dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi pada siswa. Hal ini dikarenakan masih ada siswa yang melakukan tindakan koruptif yang memiliki potensi secara serius mempengaruhi pembentukan karakter dan integritas siswa serta menciptakan lingkungan yang tidak mendukung dalam upaya melawan korupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1) guru Pendidikan Pancasila SMP Negeri 17 Semarang dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi melalui kegiatan apersepsi sebelum kegiatan ini memberikan pemahaman antikorupsi, projek P5, dan pembiasaan peraturan dengan tegas serta konsisten memberikan contoh pada siswa. (2) kemudian siswa melakukan timbal balik dengan memahami nilai-nilai antikorupsi serta mengimplementasi perilaku antikorupsi dalam kegiatan sehari-hari. (3) Sekolah juga selalu mendukung kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi dengan menciptakan budaya antikorupsi dan terealisasikannya perilaku yang menerapkan nilai antikorupsi oleh warga sekolah.