Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal
DOI:
https://doi.org/10.15294/ucej.v9i3.14991Keywords:
Penguatan, Pendidikan Karakter, Peduli LingkunganAbstract
Kurangnya kesadaran sebagian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup. Upaya yang dilakukan guna membangun kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan dapat dilakukan melalui proses pendidikan. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran penting dalam memberikan kesadaran pada peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini (1) mengkaji pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sukorejo; (2) menganalisis upaya penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sukorejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan model Trianggulasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sukorejo dilakukan melalui program Adiwiyata dengan menerapkan konsep keteladanan dan pengintegrasian. Pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sukorejo sudah terinclude dalam manajemen sekolah. Strategi pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan rutinan, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian; (2) Upaya penguatan pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Sukorejo dilakukan melalui kegiatan sekolah (intrakulikuler,kokulikuler, dan ekstrakulikuler) dan budaya sekolah.