Penguatan Program Sekolah Ramah Anak Di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon

Authors

  • Ega Dwi Pratiwi Author
  • Ngabiyanto Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ucej.v9i3.14992

Keywords:

Penguatan Program, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Program Sekolah Ramah Anak menjadi salah satu upaya untuk menghargai hak-hak anak di
lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh
sekolah dalam rangka penguatan program Sekolah Ramah Anak di SMA Negeri 1 Sumber
Kabupaten Cirebon dan mengidentifikasi faktor penghambat penguatan program Sekolah
Ramah Anak di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon dan upaya mengatasinya. Metode
penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan
Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penguatan program Sekolah Ramah
Anak dengan menerapkan kebijakan sekolah, program sekolah, dan kegiatan sekolah. Faktor
penghambat terletak pada penerapan kedisiplinan siswa, kebersihan, dan kreativitas guru
dalam mengajar. Dan upaya mengatasinya dengan adanya disiplin positif yang bukan berupa
kekeresan, guru dapat memberikan edukasi kepada siswa mengenai kebiasaan hidup bersih
dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah menggunakan
toilet, dan guru selalu update informasi pembelajaran melalui media cetak, buku, atau melalui
internet

Article ID

14992

Published

2024-09-24

Issue

Section

Articles