Implementasi Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII SMP N 16 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.15294/ucej.v10i2.15510Keywords:
Implementasi, Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan PancasilaAbstract
Profil pelajar Pancasila adalah bagian untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Terjadinya perubahan kehidupan dinamis mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia, permasalahan penerapan pembelajaran salah satunya profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka menarik diteliti untuk mengetahui bagaimana penerapan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII di SMP N 16 Semarang. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan dimensi kreatif profil pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII di SMP N 16 Semarang, serta faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dimensi kreatif profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas peserta didik dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan project. Terdapat enam klasifikasi taksonomi Bloom dalam menciptakan kreativitas peserta didik dan dua alur perkembangan dimensi kreatif profil pelajar Pancasila: peserta didik mampu menghasilkan ide atau gagasan orisinal dan menghasilkan karya atau tindakan yang orisinal.