Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kreatif Pada Projek Penguatan Profil PelajarPancasila Di Smp Negeri 5 Kudus

Authors

  • Ludia Alfafa Faza Univeritas Negeri Semarang Author
  • Eta Yuni Lestari, S.Pd., M.H Univeritas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ucej.v9i4.3533

Keywords:

pendidikan karakter, kreatif, projek penguatan profil pelajar Pancasila

Abstract

Pendidikan karakter kreatif menjadi salah satu upaya meningkatkan kreativitas peserta didik guna menghadapi tantangan abad 21, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter kreatif dalam proses pembelajaran kelas masih kurang. Adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka membantu lembaga sekolah untuk melaksanakan pendidikan karakter kreatif secara lebih terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter kreatif pada projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 5 Kudus serta menganalisis hambatan yang dialaminya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian yaitu pelaksanaan pendidikan karakter kreatif pada projek Ratulica, Ecozyma, dan Ecoprima di SMP Negeri 5 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter kreatif pada projek penguatan profil Pelajar Pancasila memiliki tiga tahapan. Pertama perencanaan terdiri dari pembentukan tim, penentuan tema, dimensi, dan projek, serta merancang alokasi waktu, modul, dan pembagian tugas. Kedua tahap pelaksanaan, memiliki alur yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, dan tindak lanjut. Pada tahap ini peserta didik mampu menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal serta memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan. Peserta didik menghasilkan produk di setiap projeknya. Tahap ketiga yaitu penilaian hasil produk peserta didik. Hambatan yang dialami selama pelaksanaan projek yaitu pembagian waktu pendampingan oleh fasilitator, antusiasme peserta didik, kesulitan peserta didik dalam mengembangkan ide dan mencari bahan, serta hambatan secara khusus seperti cuaca yang menyebabkan kemoloran waktu.

Downloads

Published

2025-01-20

Article ID

3533

Issue

Section

Articles