Implementasi Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Di Smk Hidayatul MusliminKabupaten Rembang

Authors

  • Nur Halimah Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ucej.v9i4.4219

Keywords:

Implementasi, Program Sekolah Ramah Anak, SMK Hidayatul Muslimin

Abstract

Setiap orang berhak memperoleh pendidikan di sekolah tanpa adanya diskriminasi. Menanggapi problema tersebut, pemerintah memberlakukan program sekolah ramah anak di lembaga sekolah yang bersedia menerapkannya, seperti SMK Hidayatul Muslimin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan hambatan program sekolah ramah anak di SMK Hidayatul Muslimin. Penelitian ini dijalankan dengan metode kualitatif deskriptif dengan sudut pandang teori Marilee S. Grindle yang melihat implementasi dari kesesuaian peraturan dan realita pelaksanaan. Studi ini menemukan hasil bahwa Secara garis besar bentuk implementasi program sekolah ramah anak yang dijalankan oleh para guru yang diwujudkan ke dalam beberapa bentuk yaitu memberikan perlakuan sama kepada siswa, memberikan edukasi tentang toleransi, pembentukan kesepakatan kelas atau kontrak belajar, dan kerjasama dengan orang tua dan masyarakat dalam pembentukan karakter siswa. Di luar itu, hambatan masih dijumpai diantaranya dalam bentuk metode pembelajaran yang monoton, kurangnya kesabaran pengajar/guru, tidak adanya GPK, dan minimnya ketersediaan sarpras.

Downloads

Published

2025-01-20

Article ID

4219

Issue

Section

Articles