Pengaruh Model Talking Stick Berbantuan Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Kelas VIII di SMP Negeri 32 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.15294/ucej.v9i1.8615Keywords:
Character Strengthening, Mutual Cooperation, StudentsAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre- experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII H yang terdiri dari 32 siswa dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda berjumlah 15 soal yang dilakukan di web quizizz. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya pada materi kedudukan dan fungsi Pancasila di kelas VIII H sebelum dan sesudah diterapkan model Talking Stick berbantuan media Videoscribe yaitu sebesar 49,50 < 83,59. Uji n-gain yang diperolehh yaitu 0,6834 artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang berdada di kategori sedang. Hasil uji paired sampel t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka h0 ditolak dan h1 diterima. Jika h1 diterima maka terdapat pengaruh yang signifikansi.