Pengaruh Pendekatan UbD dan Video Visual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Zusrotun Nimah Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/ujoss.v8i1.6176

Abstract

Dalam kelas pembelajaran tidak lepas dengan adanya beberapa masalah diantaranya adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap konteks materi yang diajarkan, hal ini juga dialami oleh peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK N egeri 9 Semarang dalam pembelajaran Pendidikan Pasmani materi Illinois agility run. Peserta didk mayoritas belum memahamai cara melakukan Illinois agility run. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pendekatan Understanding by Design (UbD) dan media video visual dalam proses kegiatan belajar. Hasilnya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik secara signifikan ditunjukkan dengan presentase ketuntasa belajar peserta didik pada siklus I hanya 6 yang masuk kategori rata-rata dan pada siklus II mengalami kenaikkan sebanyak 21 peserta didik dengan kategori rata-rata. Dengan demikian pendekatan Understanding by Design dengan media video visual dalam pembelajaran berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 9 Semarang, Kota Semarang.

Downloads

Published

2025-05-29 — Updated on 2025-05-29

Versions

Article ID

6176