Bule Masuk Kampung : Sosialisasi Bahasa Perancis di Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.15294/vh.v5i2.14265Abstract
Inisiasi kerjasama prodi dengan pemerintah daerah dibutuhkan agar terjadi sinergi mutual. Prodi pendidikan bahasa Perancis memilih Kabupaten Temanggung karena keduanya memiliki potensi sekolah yang mengajarkan bahasa Perancis dengan jumlah yang cukup besat. Potensi ini dapat menjadi sasaran bagi promosi penerimaan mahasiswa baru serta mengendus peluang kerjasama bentuk lainnya dengan pemerintah daerah dalam rangka pengembangan SDM di daerah. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Temanggung berhasil mendapat respon positif dari dua sekolah yakni MAN Temanggung dan MA Al Huda Kedu. Pihak pimpinan sekolah, guru maupun siswa menyampaikan apresiasi atas kehadiran tim pengabdian UNNES yang mempromosikan Bahasa Perancis. Dari kegiatan pengabdian tersebut diperoleh capaian luaran naskah Kerjasama dalam bentuk MoA dan IA.