Pelatihan Penulisan Proposal PTK untuk Guru SDN di Semarang sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.15294/vh.v5i2.2504Keywords:
Pelatihan; Karya Tulis Ilmiah; PTK; Guru SDAbstract
Artikel ini menguraikan program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Sastra Perancis Universitas Negeri Semarang. Fokus kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah para guru Sekolah Dasar yang tergabung dalam Gugus Larasati di Semarang. Pelatihan dilakukan dalam bentuk workshop yang mencakup berbagai aspek, seperti pengenalan PTK, pengembangan ide untuk proposal PTK, teknis penyusunan proposal, dan bimbingan teknis. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar para guru dapat mengidentifikasi masalah-masalah di kelas, memilih model pembelajaran yang sesuai, dan menghasilkan proposal PTK berkualitas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Bimbingan Teknis (Bimtek), yang dilaksanakan secara daring atau luring sesuai dengan kebutuhan guru. Kegiatan ini direncanakan berlangsung dalam 4 pertemuan yang mencakup paparan materi, prosedur PTK, penulisan analisis, dan pembimbingan simpulan. Partisipan kegiatan ini adalah 30 guru Sekolah Dasar di Kota Semarang, di mana selama proses pelaksanaannya, 25 guru telah menyelesaikan proposal PTK mereka, sedangkan 5 guru masih dalam proses penyelesaian.