KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP LITERASI SAINS

Rini Choerunnisa(1), Sri Wardani(2), Sri Susilogati Sumarti(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Contextual Teaching Learning dengan model pembelajaran inkuiri terhadap literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan, uji N-gain, uji ketuntasan individu, dan ketuntasan klasikal. Hasil dari penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest literasi sains kelas eksperimen 79,90 dan kelas kontrol 75,40. Hasil uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan pada nilai posttest diperoleh harga thitung sebesar 2,37 lebih dari t(0,95)(73) sebesar 1,99 yang berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji N-gain kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol 0,63. Uji ketuntasan individu kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut diperoleh thitung sebesar 3,88 dan 0,28 dengan ttabel sebesar 2,03 yang berarti hanya kelas eksperimen yang telah mencapai ketuntasan lebih besar dari 75 (KKM). Ketuntasan klasikal kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut diperoleh 77,78% dan 58,97% yang berarti kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching Learning dengan model pembelajaran inkuiri efektif terhadap literasi sains siswa.

Keywords

literasi sains, model pembelajaran inkuiri, pendekatan contextual teaching learning

Full Text:

PDF

References

Arantika, J., Sahputra, R. dan Sartika, P.R., 2014, Pengaruh Inkuiri Berbantuan Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Koloid Di SMA, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3, No 10, Hal 1-11.

Dani, D., 2009, Scientific Literacy and Purposes for Teaching Science: A Case Study of Lebanese Private School Teachers, International Journal of Environmental & Science Education, Vol 4, No 3, Hal 289 - 299.

Ekohariadi, 2009, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 10, No 1, Hal 29-43.

Liu, X., 2009, Beyond Science Literacy: Science and the Public. International Journal of Environmental & Science Education, Vol 4, No 3, Hal 301 - 311.

Ngertini, N., Sadia, W. dan Yudana, M., 2013, Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4, Hal 1-11.

Nurdin, 2009, Implementasi Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 9, No 1, Hal 109 - 122.

OECD, 2009, PISA 2009 Assessment Framework: Key Competencies in Reading, Mathematics and Science.

OECD, 2010, PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Reading, Mathematics and Science (Volume I).

Puspitasari, D.A., 2015, Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, OMEGA-Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, Vol 1, No 2, Hal 1-5.

Suhandi, A. dan Wibowo, F.C., 2012, Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 8, Hal 1-7.

Sukmawati, W., 2014, Pembelajaran Kontekstual Dengan Saintifik Inkuiri Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi Untuk Meningkatkan Literasi Dan Sikap Sains Siswa, Tesis, Bandung: Program Studi Pendidikan Kimia Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyanti, M., 2012, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Literasi Sains Siswa, Tesis. Bandung: Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana UPI Universitas Pendidkan Indonesia.

Wahyudin, Sutikno dan Isa, A., 2010, Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6: 58-62.

Wasis, 2006, Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Sains-Fisika SMP. Cakrawala Pendidikan, No 1, Hal 1-16.

Yulianingsih, U. dan Hadisaputro, S., 2013, Keefektifan Pendekatan Student Centered Learning Dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar,Chemistry in Education, Vol 2, No 2, Hal 149 - 155.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.