PENGARUH PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KOMPETENSI KIMIA SISWA

Meylita Ratna(1), Antonius Tri Widodo(2), Sigit Priatmoko(3),


(1) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(2) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035
(3) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lantai 2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229, Telp. (024)8508035

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan multimedia interaktif terhadap kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi afektif dan psikomotorik, angket tanggapan siswa, dan soal pre test-post test. Desain penelitian control group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 – XI IPA 5 SMA Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Hasil analisis akhir didapat pencapaian standar kelulusan kompetensi kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,42 dan thitung 3,74 lebih dari 2,01 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 46. Hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 17,80%. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magelang.

Keywords

group investigation (GI), kompetensi kimia siswa, multimedia interaktif

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A., 2006, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto, 2010, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media

Desi, 2007, Peningkatan keaktifan siswa melalui penggunaan multimedia dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 10 Palembang, Skripsi, Palembang : Universitas Sriwijaya.

Doymus, K., Simsel, U., dan Ada, S., 2009, Effects of two cooperative learning strategies on teaching and learning topics of thermochemistry, World Applied Sciences Journal, Vol 7, No 1, Hal 34-42.

Eristi, S. D., 2006, The effectiveness of interactive instruction CD designed through the pre-school students, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol 4, No 1, Hal 832-839.

Huda, M., 2011, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jeffrey, F. dan Simpson, N., 2007, Student-centered learning addressing faculty questions about student-centered learning, Journal of Texas A&M University, Vol 6, No 4, Hal1 -11.

Majid, A., 2006, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mohler, J. L., 2001, Using interactive multimedia technologies to improve student understanding of spatially-dependent engineering concepts, Journal of Purdue University, Vol 3, No 6, Hal 292-300.

Ozkul, A., 2004, Using information technology to enhance assessment of learning: automating preparation of course exam materials and student feedback, Information Technology, Learning, And Performance Journal, Vol 25, No 1, Hal 15-22.

Pekdag, B. 2009, Alternative methods in learning chemistry: learning with animation, simulation, video and multimedia, Journal of Turkish Science Education, Vol 7, No 2, Hal 111-118.

Sadiman, A. 2003, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaataannya, Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Sharan, S. dan Sharan, Y. 1990, Group investigation expands cooperative learning, Educational Leadership, Vol 47, No 4, Hal 17-21.

Sugiyono, 2010, Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunhaji, 2008, Strategi pembelajaran : konsep dan aplikasinya, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol 13, No 3, Hal 474-492

Trianto, 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Zingaro, D. 2008, Group investigation: theory and practice, Ontario Institute for Studies in Education, Vol 54, No 3, Hal 70-77.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.