PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP DAN PENGGUNAAN GAME SIMULATION SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, KREATIVITAS, DAN LIFE SKILL
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Pada matakuliah Kimia Organik Bahan Alam, dosen diharapkan dapat melaksanakan
pembelajaran kimia dengan pendekatan CEP (Chemo-entrepreneurship) dengan penggunaan
game simulation sebagai media CET (Chemo-edutainment) untuk meningkatkan hasil belajar,
kreativitas, dan life skill mahasiswa dalam proses belajar mengajar, dan memberikan bekal
serta contoh kepada mahasiswa kemudian mahasiswa mengimplementasikannya di sekolah
latihan pada saat praktek pengalaman lapangan (PPL). Penelitian dilakukan di Jurusan
Kimia FMIPA UNNES. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa semester 6 yang sedang
menempuh matakuliah Kimia Organik Bhan Alam sebanyak 40 orang. Pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
mahasiswa yang memperoleh nilai post test e†65 sebesar 87,5% pada siklus I dan 100%
pada siklus II. Tolok ukur keberhasilan penelitian adalah sekurang-kurangnya 75% mahasiswa
memperoleh nilai e†65 pada siklus I dan 85% pada siklus II sehingga penelitian tindakan kelas
ini dikatakan berhasil. Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan
CEP dan media CET sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil kuesioner yang memperoleh
skor 1254 terdapat pada range skor 961 - 1282 dengan kriteria setuju. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan CEP dan
penggunaan game simulation sebagai media CET sangat efektif untuk meningkatkan hasil
belajar, kreativitas, dan life skill mahasiswa.
Kata Kunci: game simulation, chemo-edutainment, life skill
pembelajaran kimia dengan pendekatan CEP (Chemo-entrepreneurship) dengan penggunaan
game simulation sebagai media CET (Chemo-edutainment) untuk meningkatkan hasil belajar,
kreativitas, dan life skill mahasiswa dalam proses belajar mengajar, dan memberikan bekal
serta contoh kepada mahasiswa kemudian mahasiswa mengimplementasikannya di sekolah
latihan pada saat praktek pengalaman lapangan (PPL). Penelitian dilakukan di Jurusan
Kimia FMIPA UNNES. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa semester 6 yang sedang
menempuh matakuliah Kimia Organik Bhan Alam sebanyak 40 orang. Pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
mahasiswa yang memperoleh nilai post test e†65 sebesar 87,5% pada siklus I dan 100%
pada siklus II. Tolok ukur keberhasilan penelitian adalah sekurang-kurangnya 75% mahasiswa
memperoleh nilai e†65 pada siklus I dan 85% pada siklus II sehingga penelitian tindakan kelas
ini dikatakan berhasil. Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan
CEP dan media CET sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil kuesioner yang memperoleh
skor 1254 terdapat pada range skor 961 - 1282 dengan kriteria setuju. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan CEP dan
penggunaan game simulation sebagai media CET sangat efektif untuk meningkatkan hasil
belajar, kreativitas, dan life skill mahasiswa.
Kata Kunci: game simulation, chemo-edutainment, life skill
Â
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.