PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan yaitu kurikulum, sarana
dan prasarana, guru, siswa dan metode. Salah satu metode yang dimaksud adalah model
pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kimia
hidrokarbon. Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT
menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung
sebesar 5,539. ttabel=1,66 pada taraf kesalahan 5% dengan dk=87. Jadi thitung > ttabel yang
berarti ada perbedaan yang signifi kan yaitu nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih
besar daripada kelompok kontrol. Pengaruh positif yang diberikan oleh penggunaan model
pembelajaran NHT mungkin disebabkan adanya variasi pembelajaran sehingga dapat
menimbulkan ketertarikan, minat dan motivasi pada siswa. Simpulan yang diperoleh dari
penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil
belajar kimia hidrokarbon.
Â
Kata Kunci: model pembelajaran numbered heads together
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.