PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Nanik Wijayati(1), Ika Kusumawati(2), Titik Kushandayani(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan yaitu kurikulum, sarana
dan prasarana, guru, siswa dan metode. Salah satu metode yang dimaksud adalah model
pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kimia
hidrokarbon. Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT
menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung
sebesar 5,539. ttabel=1,66 pada taraf kesalahan 5% dengan dk=87. Jadi thitung > ttabel  yang
berarti  ada  perbedaan  yang  signifi kan  yaitu  nilai  rata-rata  kelompok  eksperimen  lebih
besar daripada kelompok kontrol. Pengaruh positif yang diberikan oleh penggunaan model
pembelajaran NHT mungkin  disebabkan  adanya  variasi  pembelajaran  sehingga  dapat
menimbulkan ketertarikan, minat dan motivasi pada siswa. Simpulan yang diperoleh dari
penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil
belajar kimia hidrokarbon.

 

Kata Kunci: model pembelajaran numbered heads together

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.