PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS MELALUI PRAKTIKUM SKALA MIKRO

Sri Wardani(1),


(1) 

Abstract

Keterampilan  berpikir  dan  proses  sains  haruslah  dikembangkan melalui
pembelajaran  kimia  dengan model  tertentu  untuk membina  kemampuan mahasiswa
memecahkan masalah. Metode praktikum merupakan metode yang sangat efektif untuk
pembelajaran  kimia,  sebab  praktikum membantu mahasiswa  calon  guru  untuk mencari
jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan data yang benar. Praktikum yang biasa dilakukan
adalah skala makro, dalam hal ini kelemahanya adalah biaya tinggi dan limbah yang banyak.
Pada penelitian ini dikembangkan metode praktikum KLT skala mikro agar lebih ekonomis
dan mengembangkan  kreativitas mahasiswa  untuk mengembangkan  praktikum  yang
lain. Penelitian diselenggarakan dengan subyek penelitian 31 mahasiswa program studi
Pendidikan Kimia semester V. Materi praktikum yang dikenakan adalah kromatografi  lapis
tipis (KLT) dengan skala mikro. Dari hasil uji-T, didapat hasil ada perbedaan yang signifi kan.
Hal ini berarti pemahaman konsep dan keterampilan proses sains (KPS) meningkat setelah
mahasiswa calon guru mengalami proses pembelajaran praktikum KLT skala mikro. Dari hasil
rata-rata nilai pemahaman konsep, meningkat dari 77,48 menjadi 80,55 dan keterampilan
proses  sains meningkat  nilai  rata-ratanya  dari  76,19 menjadi  82,16. Mahasiswa  calon
guru 96% menanggapi positif, yaitu setuju dan sangat setuju bahwa proses pembelajaran
praktikum KLT skala mikro dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman
konsep KLT pada mahasiswa calon guru kimia.

 

Kata Kunci : Keterampilan proses sains, skala mikro

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.