KAJIAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS MELALUI PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP

Supartono -(1), Nanik Wijayati(2), Anita Harum Sari(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Metode pembelajaran yang umum dilakukan oleh guru yaitu ceramah.
Penggunaan metode STAD melalui pendekatan CEP, siswa dapat belajar dan
bekerjasama dalam pembelajaran untuk memecahkan suatu masalah sehingga siswa
dapat memahami suatu materi secara mendalam serta memupuk daya kreatifi tas dan
keaktifan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dalam metode
pembelajaran STAD melalui pendekatan CEP dapat meningkatkan prestasi belajar
kimia SMA kelas XI IA SMA Negeri 1 Blora. Teknik yang digunakan untuk mengambil
sampel yaitu cluster random sampling. Metode yang digunakan untuk mengambil data
yaitu metode observasi, metode angket, metode tes, metode dokumentasi. Data hasil
tes kognitif yang diperoleh akan dianalisis melalui 2 tahap yaitu uji tahap awal dan uji
tahap akhir. Dari analisis data pada uji tahap awal diperoleh bahwa rata-rata pre test
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kesamaan rata-rata yang sama.
Berdasarkan analisis data pada uji tahap akhir diperoleh bahwa antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol ada perbedaan hasil belajar yang signifi kan. Berdasarkan hasil analisis
ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode STAD melalui pendekatan CEP dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan larutan asam basa.

 

Kata Kunci: student teams achievement divisions, chemo-entrepreneurship

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.