PENINGKATAN LIFE SKILL SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GAME SIMULATION

Nanik Wijayati(1), Endang Susilaningsih(2), Yeni Anita Sari(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan guru,
ternyata hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Ibu Kartini Semarang masih rendah.  Hal
ini disebabkan karena pembelajaran didominasi dengan metode ceramah yang berpusat
pada  guru. Penggunaan  pendekatan  game  simulation,  diharapkan  dapat meningkatkan
kecakapan  hidup  (life  skill)  dan  hasil  belajar  siswa  pada  pokok  bahasan  hidrokarbon.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga  siklus.
Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refl eksi. Fokus yang
diteliti dalam penelitian ini adalah kecakapan hidup siswa dan hasil belajar siswa. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui
peningkatan  hasil  belajar  siswa.  Indikator  keberhasilan  penelitian  ini  dilihat  hasil  belajar
siswa  yaitu  secara  klasikal  85%  siswa mencapai  ketuntasan  belajar  individual minimal
65%. Berdasarkan analisa data hasil penelitian, rata-rata kecakapan hidup (life skill) siswa
meningkat dari pada siklus I(86%), siklus II (71.52%), dan siklus III (75.02%). Sedangkan
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 71.05 (siklus I), 75.27
(siklus II), dan 82.24 (siklus III).

 

Kata Kunci: game simulation, life skill

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.