PENGGUNAAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LIFE SKILL SISWA SMA
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan life skill siswa dengan hasil
belajar termasuk di dalamnya, dengan menerapkan pendekatan chemo-entrepreneurship
(CEP) berorientasi green chemistry. Fokus yang diteliti adalah untuk meningkatkan
kemampuan life skill dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CEP
berorientasi green chemistry. Berdasarkan analisis data hasil penelitian pada siklus I
diperoleh rata-rata nilai dan ketuntasan life skill siswa masing-masing adalah 53,55 dan
65% dengan kriteria sedang, pada siklus II meningkat dibandingkan siklus I dengan kriteria
baik, serta rata-rata nilai dan ketuntasan life skill siswa menjadi 60,025 dan 92,5%. Pada
siklus III meningkat dibandingkan siklus II, yaitu kemampuan life skill siswa tergolong baik
yaitu diperoleh nilai rata-rata dan ketuntasan life skill masing-masing sebesar 63,64 dan
100%. Rata-rata nilai kognitif siswa pada siklus I adalah 65,49 dengan ketuntasan 70%, pada
siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat sebesar 12,5% yaitu dari 70%
menjadi 82,5% sedangkan nilai rata-rata kelas menjadi 70,99. Pada siklus III ketuntasan
klasikal hasil belajar kognitif meningkat 17,5% dari siklus II yaitu dari 82,5% menjadi
100% serta nilai rata-rata kelas menjadi 75. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan pendekatan CEP berorientasi green chemistry dapat meningkatkan
kemampuan life skill siswa dan hasil belajar siswa.
Â
Kata Kunci : chemo-entrepreneurship, life skill, green chemistry
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.