KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA BERSTRUKTUR DENGAN KURING SOJA
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia
antara pembelajaran menggunakan LKB dengan KS pada materi kelarutan dan hasil kali
kelarutan dan manakah yang lebih baik. Populasi, seluruh kelas XI IPA SMA Islam Sultan
Agung 1 Semarang. Sampel, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1, menggunakan LKB
dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan KS. Hasil uji t rata-rata nilai post
test yaitu uji perbedaan rata-rata 2 pihak dan uji perbedaan rata-rata 1 pihak kanan, ranah
kognitif kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas eksperimen 2. Hasil uji perbedaan
rata-rata 2 pihak, ranah afektif {thitung = -2,579, ttabel = 2,00} thitung berada pada daerah
penolakan Ho, ada perbedaan. Dan uji perbedaan rata-rata 1 pihak kanan{thitung = 2,589
>ttabel = 1,67}, menyimpulkan hasil belajar kimia pada ranah afektif kelas eksperimen
1 lebih baik dari pada kelas eksperimen 2. Hasil uji perbedaan rata-rata 2 pihak nilai
ranah psikomotorik {thitung = -2,067, ttabel = 2,00} dan uji perbedaan rata-rata 1 pihak
kanan{thitung = 2,086 >ttabel = 1,67}, ranah psikomotorik kelas eksperimen 1 lebih baik
dari pada kelas eksperimen 2. Dapat disimpulkan, pembelajaran dengan LKB lebih baik
dari pada KS pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Â
Kata Kunci: lembar kerja berstruktur, kuring soja
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.