PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERORIENTASI PROBLEM-BASED INSTRUCTION

Sri Wardani(1), Antonius Tri Widodo(2), Niken Eka Priyani(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar
siswa melalui penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Berorientasi
Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 8 SMA N 2 Semarang tahun
pelajaran 2008/2009, dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan KPS Berorientasi PBI dapat meningkatkan hasil
belajar dan aktivitas belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar kimia yang meliputi
aspek kognitif, afektif, psikomotorik, selain juga aktivitas belajar dan keterampilan proses sains siswa,
serta kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa berturut-turut
adalah 70,33 , 80,63 dan 89,88. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dengan skor
rata-rata 65,21 pada siklus I naik menjadi 75,88 pada siklus II serta meningkat pada siklus III menjadi
85,05. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia melalui pendekatan KPS berorientasi PBI dapat
meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa.

 

Kata Kunci: keterampilan proses sains, problem based instruction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.