PEMBERIAN UMPAN BALIK BERDASARKAN HASIL TES FORMATIF TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
(1) 
(2) 
(3) 
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI-IPA SMA Masehi 1 PSAK Semarang melalui
pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur. Pemberian umpan yang
dilakukan guru diharapkan dapat memfasilitasi siswa lebih aktif dan berprestasi tinggi.
Penelitian ini terlaksana dalam tiga siklus kegiatan. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan,
yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refl eksi. Tindakan dilakukan berdasarkan
perencanaan sebagai aplikasi atau penerapan isi rancangan tindakan. Fokus dalam
penelitian ini adalah pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur.
Observasi dilaksanakan oleh peneliti dan guru kolaborasi untuk mendapatkan data aktivitas
dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya kenaikan aktivitas
dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal. Nilai persentase aktivitas siswa
secara klasikal pada siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 83,33%, serta pada siklus
III sebesar 90,47%, sedangkan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal pada
siklus I sebesar 61,90%, siklus II sebesar 71,42%, dan siklus III sebesar 80,95%. Berdasarkan
data nilai persentase aktivitas dan ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara klasikal
dapat disimpulkan bahwa pemberian umpan balik berdasarkan hasil tes formatif terstruktur
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.
Â
Kata Kunci: umpan balik, hasil belajar kognitif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.